Struktur Organisasi Pusat Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran Politeknik Negeri Banyuwangi

 

Anggota Pusat Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran Politeknik Negeri Banyuwangi

 

Kepala PPMPP
Ika Yuniwati, S.Pd., M.Si.
a. Menjadi Top Management Penguatan dan Revitalisasi Sistem Penjaminan Mutu Internal di Poliwangi;
b. Melaksanakan pelaporan PPEPP kepada Pusat Penjaminan Mutu Kemendikbudristek;
c. Melakukan koordinasi, perencanaan, pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas yang dilaksanakan oleh setiap Bidang dibawah PPMPP;
d. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi tim PPMPP dan melaporkannya kepada Direktur.
Sekretaris PPMPP
Aldy Bahaduri Indraloka, S.Si., M.P.
a. Membantu dalam Penguatan dan Revitalisasi Sistem Penjaminan Mutu Internal di PTV Poliwangi;
b. Membantu dalam pelaporan PPEPP kepada Pusat Penjaminan Mutu Kemendikbudristek;
c. Melakukan koordinasi, perencanaan, pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas yang dilaksanakan oleh setiap Bidang dibawah PPMPP;
d. Bertanggung jawab kepada Kepala PPMPP.
Pengelola Data
Uri Anjarwati, S.E., M.M.
a. Membantu Kepala PPMPP Poliwangi sebagai Management Representative dalam koordinasi, perencanaan, pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan berikut anggarannya;
b. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan surat-menyurat yang berkaitan dengan PPMPP Poliwangi dan mengarsipkannya;
c. Bertanggung jawab dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan pengelolaan management review rapat rutin, rapat koordinasi dan rapat evaluasi kegiatan;
d. Bertanggung jawab atas penyusunan konsep laporan kegiatan rutin dan insidental PPMPP Poliwangi;
e. Bertanggungjawab kesiapan bahan/instrumen data PPMPP sesuai dengan prosedur sebagai bahan analisis;
f. Mengakomodir dan kolektivitas data PPMPP dari unit kerja dan sumber lain;
g. Menginput data PPMPP sesuai format pengolahan data;
h. Mengolah data PPMPP sesuai dengan klasifikasi sebagai bahan analisis;
i. Membuat rekapitulasi data PPMPP sesuai dengan jenis data sebagai bahan informasi;
j. Menyajikan data PPMPP sesuai dengan prosedur dalam rangka menghasilkan informasi Penjaminan mutu;
k. Bertanggung jawab kepada Kepala PPMPP Poliwangi.
Operator
Dimas Ferian Yulianto, A.Md.
a. Membantu Bidang Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu dalam update data di laman;
b. Membantu Bidang Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu dalam pemantauan pengajuan program studi baru;
c. Bertanggung jawab dalam penginputan data pada PDDIKTI untuk proses PEPA;
d. Membantu Bidang Pengembangan Pembelajaran dan Monitoring Internal dalam pemantauan pembelajaran melalui sistem; e. Membantu Bidang Evaluasi Internal dalam melakukan AMI melalui sistem; f. Membantu Bidang Akreditasi dalam pengunggahan instrumen akreditasi pada LAM dan SAPTO; g. Bertanggung jawab kepada Kepala PPMPP Poliwangi.
Bidang Pengembangan SPMI
Alfin Hidayat, S.T., M.T.
a. Mengkoordinasikan penyusunan standar, sasaran mutu, formulir mutu, SOP, dan SPP secara periodik;
b. Mengkoordinasikan pemantauan kelengkapan pengajuan program studi baru;
c. Mengkoordinasikan Penyusunan Laporan rutin kepada pimpinan terkait dengan aktivitas akademik untuk keperluan LAKIP institusi;
d. Mengkoordinasikan penyusunan kebijakan akademis lembaga terkait dengan tuntutan borang akreditasi; e. Mengkoordinasikan pengelolaan dan pengembangan mutu dalam laman ppmpp.poliwangi.ac.id; f. Mengkoordinasikan Rencana Strategis Jurusan; peta jalan pengembangan program studi sesuai dengan perkembangan kapasitas lembaga. g. Mengkoordinasikan Pengembangan pedoman-pedoman/petunjuk teknis operasional standar bagi aktivitas akademik institusi; h. Bertanggung jawab kepada Kepala PPMPP Poliwangi.
Bidang Pengembangan Pembelajaran
Lukman Hakim, S.Kom., M.T.
a. Mengkoordinasikan penyusunan rencana, strategi dan implementasi Pengembangan kompetensi pedagogik dosen (Pelatihan PEKERTI dan AA) dan kompetensi;
b. Mengkoordinasikan penyusunan pedoman kurikulum, pedoman magang kerja industri, dan pedoman tugas akhir;
c. Mengkoordinasikan pengembangan Dokumen Mutu Pembelajaran (RPS; RPP; bahan ajar dan/atau alat bantu pembelajaran termasuk konten pembelajaran) dengan terus mengikuti perkembangan teknologi yang ada;
d. Mengkoordinasikan evaluasi kurikulum bersama-sama pihak program studi dan jurusan;
e. Mengkoordinasikan perkembangan mutu pembelajaran MKWU dan MKDU dengan BAKPSI;
f. Mengkoordinasikan peningkatan kualitas pembelajaran dan menindaklanjuti rekomendasi PPMPP terkait keluhan pelanggan dibidang akademik kepada Pimpinan;
g. Mengkoordinasikan standar Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dengan program studi yang melaksanakan;
h. Bertanggung Jawab kepada Kepala PPMPP.
Bidang MBKM Institusi
Nurul Alfiyah, S.E., M.Akun.
a. Mengkoordinasikan penyusunan, sosialisasi peraturan/pedoman MBKM pusat dan mandiri; dan evaluasi
b. Mengkoordinasikan kepanitiaan sosialisasi dan pendaftaran MBKM pusat dan mandiri pada setiap jurusan;
c. Mengkoordinasikan monitoring seluruh program MBKM pusat dan mandiri;
d. Mengkoordinasikan perkembangan MBKM pusat dengan koordinator program dan MBKM mandiri dengan ketua program studi;
e. Mengkoordinasikan panitia konversi MBKM dengan ketua program studi;
f. Mengkoordinasikan konversi mata kuliah lomba-lomba/hibah dengan ketua program studi;
g. Mengkoordinasikan program praktisi mengajar dengan koordinator PT Praktisi Mengajar;
h. Bertanggung Jawab kepada Kepala PPMPP.
Bidang Evaluasi Internal
Aprilia Divi Yustita, S.Si., M.Si.
a. Mengkoordinasikan penyusunan instrumen evaluasi internal;
b. Mengkoordinasikan pelaksanaan AMI program studi bersama auditor;
c. Mengkoordinasikan pelaksanaan AMI pusat/unit/bagian bersama auditor;
d. Mengkoordinasikan pelaksanaan AMI bagi penerima hibah;
e. Mengkoordinasikan Rapat Tinjauan Manajemen;
f. Mengkoordinasikan instrumen kepuasan pelanggan bersama tim RBI;
g. Mengkoordinasikan evaluasi beban kerja dosen dan Pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi sehubungan dengan sertifikasi dosen;
h. Bertanggung jawab kepada Kepala PPMPP Poliwangi.
Bidang Monitoring Internal
Indira Nuansa Ratri, S.M., M.SM.
a. Mengkoordinasikan penyusunan instrumen monitoring internal;
b. Mengkoordinasikan hasil monitoring bersama GKM Jurusan berupa laporan evaluasi diri program studi dengan standar akreditasi;
c. Mengkoordinasikan hasil monitoring bersama GKM Bagian/Unit/Pusat berupa laporan kinerja bagian/unit/pusat;
d. Mengkoordinasikan telaah SOP dan SPP pada bagian/unit/pusat;
e. Mengkoordinasikan IPK, kelulusan tepat waktu dan keberhasilan studi setiap semester dengan program studi dan jurusan;
f. Mengkoordinasikan sosialisasi dan pemberian rewards bagi dosen, tendik, dan unit;
g. Bertanggung jawab kepada Kepala PPMPP Poliwangi.
Bidang Akreditasi
Mita Ayu Lilianti
a. Mengkoordinasikan pemantauan dan evaluasi peringkat akreditasi institusi melalui PDDIKTI;
b. Mengkoordinasikan pemantauan dan evaluasi peringkat akreditasi program studi dibawah BAN PT melalui PDDIKΤΙ;
c. Mengkoordinasikan pengajuan akreditasi minimum program studi baru;
d. Mengkoordinasikan kepanitiaan reakreditasi program studi dibawah LAM INFOKOM, LAM EMBA, dan LAM TEKΝΙΚ;
e. Mengkoordinasikan penyusunan instrumen reakreditasi institusi dan program studi dengan Tim Task Force;
f. Mengkoordinasikan perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan akreditasi internasional;
g. Bertanggung jawab kepada Kepala PPMPP Poliwangi.